Saturday, May 10, 2014



Fremantle or dikenal juga dengan “Freo” adalah tempat yang wajib banget dikunjungi kalo sedang berkunjung di Perth.  Fremantle dapat ditempuh sekitar 30 menit jika naik MRT.  Selain MRT, untuk menuju Fremantle juga tersedia boat yang berangkat dari barrack jetty.  Fremantle adalah kota pelabuhan dimana banyak bangunan berarsitektur kuno yang masih dipelihara hingga saat ini.


Bangun pagi-pagi dengan semangat, karena waktunya wisata kuliner n belanja yang ditunggu tunggu sudah datang..yippie.  kami melangkah ke Perth Station, setelah membeli tiket di ticket machine, setelah tiket di tangan kami segera masuk ke peron.  Oya harga tiketnya 4,2 AUD dan Nam masih gratis..Alhamdulillah iriit.  Ga sampe 5 menit, kereta yang ditunggu-tunggu datang juga dan segera kami cari tempat yang PW a.k.a Posisi Wenak..


Di depan kami duduk segerombolan remaja tanggung alias cowok cowok abege membawa alat-alat pancing dan cooler box besar.  Sepertinya mereka mau pergi memancing hari itu.  Sedangkan pengunjung lainnya hampir semua bergaya liburan dari yang menenteng bekal piknik sampe koper.  Maklum deh hari itu weekend, waktunya berlibur.


Ga sampai 30 menit, kereta sudah tiba di Fremantle station.  Brr..udara di Fremantle pagi itu dingiin, padahal waktu sudah menunjukkan pukul 08.30.  Sebenarnya di Fremantle ini juga tersedia free bus CAT, tapi untuk weekend baru beroperasi jam 10.  Tapi karena kepagian ya, sekalian olah raga pagi juga biar langsing, kami putuskan untuk jalan kaki.  Begitu keluar dari stasiun, kami langsung disuguhi bangunan-bangunan kuno yang keren keren dan terawat.  Rasanya pengen poto di tiap pojokan kita ini.


Tujuan utama kami adalah shopping di Fremantle market dan wisata kuliner.  Sebelum ke Fremantle market kami mampir di capucino strip.  Capucino strip merupakan area sederetan tempat ngopi di sepanjang jalan.  Kami penasaran dengan tempat ngopi paling rame pagi itu Gino's coffee shop.  Duduk manis sambil nunggu pelayan nawarin menu, ternyata tunggu punya tunggu ga kunjung mampir ke meja kami.  Huh sombong kami pikir, mana wangi kopi sudah memanggil manggil.  Ternyata oh pemesanan kopi langsung dilakukan di kasir..oalah.  Langsung deh Bubu nangkring di depan counter dan memesan 1 machiato dan 1 hot chocolate.  Machiato disajikan dengan gelas kecil.  Rasa kopinya strong tapi creamy, lumayan bikin melek.  Sedangkan hot chocolate disajikan dengan gelas besar dan 3 marshmallow.  Nam langsung melahap marshmallow itu dicocol dengan hot chocolate.  Nam doyan banget si hot chocolate itu, hampir segelas dia habiskan sendiri glek glek..


Kenyang ngopi, kita lanjut ke Fremantle market.  Fremantle market kira-kira hanya 5 menit berjalan kaki dari capucino strip.  Market dibagi menjadi 2, the hall yang menjual souvenir, baju, tas dan aneka pernak pernik dan the yard yang menjual buah buahan, sayuran, dan aneka makanan yang bikin ngiler. Ngeliat counter buah buahan yang sueger, ga kuasa Bubu pengen nyoba.  Namanya juga emak emak ya, langsung kita pilih buah buahan segar yang jarang kita makan langsung.  Pilihan jatuh pada blueberry, persimon, peach dan semacam apple tapi Bubu lupa Namanya.  Blueberry nya manis dan seger banget, ga berhenti henti Nam ngunyah si Blueberry ini.  Peach yang biasa Bubu makan dari kalengan, rasanya juga sueger manis. Klo si persimons ini kirip kesemek ya rasanya..buah favorit Bubu.


Saat weekend, Fremantle market sering ada acara.  Hari itu ada acara meet the farm.  Jadi ya temu kangen anak-anak dengan balita balita hewan ternak, dari domba, ayam, kambing, babi di dalam 1 kandang.  Nam ga ketinggalan deh masuk kandang itu.  Walopun udah sering liat, tapi Nam dan anak2 lain seneng banget di kandang itu.  Bubu mah hanya mengawasi aja, karena dah sering liat ya, maklum anak kampung..hehe.


Kelar jajan dan main, saatnya beli oleh oleh.  Dimulai dari beli snack, coklat dan juga nougat.  Nougat ini rasanya enak sekali, semacam kembang gula dengan aneka rasa very recommended deh untuk dibeli kalo lagi berkunjung kesini



Toko souvenir juga bertebaran di sini dengan harga yang lebih murah dibandingkan di Perth city.  Magnet, keychain, kaos dll terhampar di the hall.  Souvenir ini cukup membuat Bubu dan Ayah kalap pengen borong semua.


Bubu dan ayah keluar dari Fremantle market dengan gembolan kanan kiri.  Puas rasanya, pernak pernik titipan sudah di tangan. Kaki langsung melangkah ke Fremantle oval atau lapangan bola.  Siang itu pertandingan football sedang berlangsung.  Ayah sempatkan nonton football sebentar, klo Bubu dan Nam asik poto potoan aja.


Ga jauh dari Fremantle oval, The famous Fremantle prisson berada.  Memang judulnya penjara ya, tapi tempat ini objek wisata yang most visit di sini.  Tapi kami cuma sampe area gate, karena khawatir Nam takut klo masuk ke dalam, Namanya juga penjara ya..ya..ya..scary gloomy gimana gitu.


Udara di Fremantle sejuk banget, walopun siang bolong, tapi ga berasa capek sama sekali jalan kaki di sini.  Apalagi kanan kiri bangunan ciamik berdiri megah.  Cantiknyaa kota kecil ini.  Sebenarnya tujuan selanjutnya ke Rounds House.  Hanya setelah muter muter ga ketemu juga tu tempat.  Yang ketemu duluan malah WA Shipwreck Gallery.  Dan menyeberang sedikit dari WA Shipwreck Gallery inilah Cicerellos fish and chips berada, di Fremantle Fishing Boat Habour.  Get ready for lunch..nyam yam


Kami sengaja pilih tempat duduk di luar, seru banget kayaknya makan di dermaga ditemani burung-burung yang terbang kesana kemari.  Setelah dapat meja, Bubu segera menuju counter pemesanan.  Menu yang wajib banget dipesan adalah fish and chips pastinya, dan menu tambahannya salt and peper squid.  Fish and chips dihargai 14,5 AUD, sedangkan squid 17 AUD.  Mahaal yaa..tapi yaa Namanya juga penasaran.  Setelah pesan kita akan dikasih alat yang akan bunyi beep kalo pesanan sudah jadi.


Ga sabar rasanya icip icip si fish and chips, akhirnya beep kami berbunyi juga.  Meluncurlah Bubu untuk ambil pesanan.  Ternyata sodara sodara..porsi kedua makanan ini jumboo banget.  Si Fish and Chips disajikan dengan lemon dan mayo.  Sedangkan untuk si squid disajikan dengan mayo garlic.  Fish and chipsnya memang juara, rasa ikannya gurih banget jauh dari amis.  Kentangnya pun gurih crunchy.  Klo squidnya sendiri, digoreng kering dengan taburan garam dan cabe Bubuk , garing pedes asin enaak banget.  Apalagi dicocol dengan mayo garlic, makin endang bambang..hmm.  Ampe Nambah kami mayo garlic itu saking ajiibnya.  Tapi ya porsinya swear deh jumbonya, ga sanggup kami habisin 2 menu ini bertiga.  Padahal orang orang Aussie di sebelah, makan seporsi sendiri..waah..ga heran ya mereka bongsor bongsor.

Sebagian fish n chipsnya kami take away buat bekel ke Caversham Wildlife Park.  Ok, saatnya check out dari Fremantle dengan bawaan sekarung dan perut membuncit. Then..we will meet kangoroo n friends..

0 comments :

Post a Comment