Wednesday, August 19, 2015


Kidzania sebenernya bukan barang baru buat Bubu.  Sejak Kidzania berdiri dan liat promonya di tivi, Bubu udah penasaran bukan kepalang pengen banget kesana.  Alhasil adek Bubu yang waktu itu masih SD, Bubu rayu lah buat main di sini.  Dan dia hepi bgt main di sini, kami cuma anter di pintu masuk dan dijemput lagi pada saat sesi sudah selesai.  Dulu juga Bubu sempet masuk beberapa menit ke dalam Kidzania buat ngecek si adek baik-baik aja, cuma satu yang ada di pikiran Bubu….. kenapa jaman Bubu kecil ga ada wahana kayak beginii….. huhu……

Setelah punya anak sendiri, Bubu pengen banget ngajak Nam kesini.  Maju mundur maju mundur pengen ajak Nam kesana, belum jadi jadi karena inget si Nam masih balita, takutnya belum ngerti. Sampai datanglah dua pucuk tiket hasil menang kuis di acara #WeGoWithKids.  Yess, jadi juga kita ke Kidzania ya Nam.

Pagi-pagi si Nam dah mandi, karena ga mau telat untuk dateng ke Kidzania.  Kita rencana dateng pas sesi 1, yang mana mulai jam  9 pagi sampe jam 2 siang.  Di weekend, jam masuk Kidzania terbagi menjadi jam 09.00-14.00 dan 15.00-20.00.  Untuk lebih lengkap jam operasional dan harga tiketnya bisa dilihat di www.kidzania.co.id 

Ini si pintu masuknya...

Gate masuk Kidzania dibuat mirip dengan bandara, lengkap dengan check in counter, pesawat dan imigrasi.  Petugas di sini pun berseragam mirip petugas bandara.  Begitu datang. kita langsung tukar tiket kita di check in counter dan dipasang gelang untuk dipakai selama di dalam.  Setelah gelang terpasang, kita masuk ke gerbang imigrasi.  Oya di sini dilarang untuk membawa makanan dan minuman dari luar.  Tapi ga usah takut kelaperan, di dalam banyak kok counter makanan, tinggal pilih sesuai selera.




Lolos dari gerbang imigrasi kita masuk deh ke 'kota' Kidzania.  Kidzania dibuat mirip miniatur kota lengkap dengan bank, minimarket, pom bensin, kantor polisi, toko kue, aneka pabrik dan masih banyak lagi.  Suasana di Kidzania sengaja dibuat gelap seperti malam hari, yang katanya menggambarkan arena  bermimpinya anak-anak saat tidur di malam hari.  Dan di Kidzania ini anak-anak dipanggil pak dan bu, jadi yaa memang dunianya mereka.




Di Kidzania ini, anak-anak diminta bermain role play dimana mereka bisa belajar bekerja di profesi yang mereka mau, dan imbalannya dapat uang yang Namanya Kidzos.  Untuk bisa kerja a.k.a main ke wahana, kita harus liat dulu aturan mainnya.  Di depan kaca setiap wahana/ tempat kerja ada tempelan usia minimal boleh bekerja (read: main), berapa lama permainan dan berapa Kidzos yang di dapet.  Dan untuk liat waktu tunggu disediakan count down berapa lama lagi harus menunggu untuk next sesi. 





Si Nam emank anak yang takut gelap dan suara bising.  Begitu masuk Kidzania dengan ruang yang remang-remang dan bunyi sirine tiada henti dari miniatur mobil polisi, ambulan dan pemadam, muka dia pucet, ketakutan, dan nempel terus kayak perangko ama emaknya.  Wahana pertama adalah bank, dimana si Nam mengambil jatah 50 Kidzos buat modal dia berkelana di Kidzania.  Untunglah si Nam mau Bubu rayu masuk ke Bank BCA versi anak-anak ini, karena orang tua ga boleh masuk.


Selesai dari Bank, Bubu ajak si Nam liat-liat beberapa wahana, dan Bubu rayu untuk main.  Bukannya mau, malah nangis tersedu-sedu takut ditinggal sama Bubunya.  Jadi lah buat pemanasan Bubu ajak Nam naik bus mini keliling kota Kidzania dengan bayar 5 Kidzos.  Lumayan lah agak terhibur anak ini.  Selesai naik bus, Bubu ajak ke wahana yang banyak anak seumuran Nam, yaitu Sari roti.  


Di wahana ini mereka belajar membuat roti, dari mencetak, mengolesi selai dan terakhir dimakan sama-sama...nyam.  Setelah selesai dari wahana ini, mulailah keliatan senyum si anak manis ini.

Setelah browsing lantai dasar, sepertinya si Nam masih belum tertarik masuk.  Jadilah kita naik ke lantai 2.  Di lantai 2 ternyata lebih banyak wahana yang sesuai dengan umur Nam yang masih 4 tahun lebih.  Setelah liat-liat sana sini, si Nam memutuskan untuk nyoba di wahana pabrik mie dari Indomie.  



Di sini anak-anak belajar membuat mie, dari memipihkan, membentuknya dengan cetakan mie dan proses pengeringan.  Di akhir sesi, setiap anak mendapat hadiah balon yang diisi dengan Indomie hasil buatan mereka tadi.  Yippie..

Setelah belajar bikin Indomie, mulai 'panas' deh ni anak.  Langsung deh dengan semangat 45 dia minta masuk ke wahana teh pucuk favoritnya.  Belajar proses pembuatan teh, memetik daun teh, dan nyobaik sampel teh.  




Setelah itu dia pilih wahana Silverquen di sebelah wahana teh pucuk.  Di sini anak-anak belajar cara pembuatan dari coklat lezat favorit nya.  Ga jauh dari Silverquen, Nam masuk ke wahana wafer Tanggo.  Asiknya membuat dan menyusun wafer dengan toping favorit masing-masing.  Dan bisa bawa juga wafer hasil buatannya sendiri.


Dan last but not least, wahana beauty class, dimana dia didandanin bak peragawati dan diajarin jalan di catwalk.  Hepi berat deh dia di wahana ini, maklum anak cewek.  Cape main, Bubu ajak dia makan siang.  Ada beberapa pilihan tempat makan, dari burger, fried chicken sampai pizza dengan harga standar mall lah ya.  Dan sebelum pulang, Nam minta ke salon.  Harap maklum ya kembali lagi, anak cewek.. hehe..  Karena ga ada temannya, jadi customer lah dia dengan membayar 5 Kidzos.  Senangnya didandanin, dihias kukunya dan dibentuk rambutnya.

Dan ga berasa sudah hampir jam 2 aja, dimana sesi pertama sudah berakhir.  Alhamdulillah kekhawatiran Bubu ga terjadi, Nam enjoy banget di sini, very happy dan minta diajak ke sini lagi next time. 

Lesson learn buat ngajak anak balita, first timer dan pemalu seperti Nam, kesini
-  Di rumah, kenalkan dulu konsep wahana bermain ini, dijelasin apa yang bisa dilakukan di sini dan hal-hal menyenangkan yang bisa didapat di wahana ini
-         Pada saat baru datang, ajak anak berkeliling untuk melihat-lihat wahana yang ada
-         Pilih wahana sesuai kemauan anak, jangan dipaksa
-         Pada saat anak masuk ke wahana, kita menunggu dengan posisi tetap pada batas penglihatan dia, supaya dia merasa secure ada orang tuanya yang menemani
-         Kalo dia sudah 'panas' a.k.a enjoy di sini, kita bisa santai menunggu dia di tempat yang lebih nyaman


Thanks ya #WeGoWithKids & Kidzania…..

3 comments :

  1. Emang beda ya establishment yang dipilih anak cowo dan anak cewe hehehe..

    ReplyDelete
  2. Emang beda ya establishment yang dipilih anak cowo dan anak cewe hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups mbak..hihi..si Nam yang girly abizz, ga jauh2 deh dari establishment masak memasak n beauty class.. (f)

      Delete