Thursday, March 24, 2016


Pagii... apakareba... pagi yang cerah di hari kedua kami di Makassar.  Dari jendela kamar, Pantai Losari sudah melambai lambai minta ditengokin.  Yuk ah kita kesana

Dari Ibis menuju Pantai Losari cuma selemparan kerikil... alias dekeet banget.  Sebelum ke pelabuhan kita sempetin nongkrong menikmati udara pagi di Losari. Angin pantai yang sepoi sepoi dan cuaca cerah, banyak orang yang datang sekedar untul berolah raga.  Karena serunya pantai ini, akan Bubu tulis khusus.

Sebelum mantai... kita isi perut dulu yuk... di Nasi Kuning Riburane.. naik pete pete lah kita dari depan Losari .. Nah dari sana kita menuju ke pelabuhan yang ada di depan benteng fort rotterdam kira kira 400 m jalan kaki.  10 menit deh jalan santai.  Karena masih galau antara pulau Khayangan dan Samalona.  Dimana pulau Khayangan ramah budget banget, 40 ribu aja perorang PP.  Sedangkan untuk k Samalona kita harus sewa boat yang mana klo cuma bertiga ya jatohnya jadi mahal... hiks.


Setelah membrowsing dan menimbang, kita pilih Samalona.  Sebenernya dermaga untuk ke Samalona ada di dermaga sebelah.  Tapi ngobrol ngobrol dengan seorang Bapak, dia nawarin kapalnya... untuk 2 pulau Samalona dan Kodingareng Keke... setelah nego dia beri harga 400ribu...  ya sudah lah... karena dari hasil blog walking memang sekitar 350-500ribu harga sewa kapalnya.


Akibat kebanyakan blog walking ada 2 blog yang cerita perjalanan ke Kodingareng Keke lumayan ga santai deh ombaknya.  Mumpung masih jam 8 pagi kita ke Kodingareng Keke dulu, berharap ombaknya masih ramah buat kita... mari berdoa... Aamin.



Alhamdulillah... ombaknya lumayan bersahabat.  Ada sih sedikit yang agak lumayan... tapi selebihnya asik asik aja.  Kira kira 40 menit kita sampe di Kodingareng Keke.

Kesan pertama sampe disini... ini pulau kayak ga berpenghuni... ga terlalu besar... cuma ada rangka bangunan mirip menara... di bawahnya ada ibu2 pedagang dan toilet...  dan juga dermaga.  Tapi air disini super jernih... dapet juga clear water disini setelah sedikit gagal di belitung kemaren.  


Kita mengawali exploring pulau dengan menginjak dermaga. Dari dermaga kita bisa liat terumbu karang dan ikan kecil kecil.  Ikannya lebih banyak ikan biasa yang warna abu abu... maap ya biologi paspasan... ga tau deh apa namanya ikan-ikan itu.   Tapi ketemu juga anemon... ih senangnya Nam ngeliat si Nemo.  



Niatnya cuma sebentar disini karena ketakutan ombak... malah jadi betah...   Airnya yang jernih... pasirnya yang lucu... lembut di deket dermaga tapi segede merica yang di sisi yang lain.  Dan view disini breath taking banget.   Langit biru cerah, angin sepoi sepoi...  bikin kami betah banget disini.  


Kekurangan cuma 1, di pasir deket dermaga banyak sampah sisa minuman.  Kalo disediakan lebih banyak tempat sampah dan dibersihkan rutin... pasti makin cantik pulau ini.  Ayo para pengunjung... jangan buang sampah sembarangan ya. Setelah puas mantai di Kodingareng Keke walopun masih sedikit ga rela ninggalin pulau ini, kita lanjut ke Samalona.  



Samalona... namanya aja udah kece... Pulau ini bisa ditempuh sekutar 20 menit dari Makassar dan juga Kodingareng Keke.  Berbeda dengan Kodingareng Keke, Pulau Samalona adalah pulau berpenghuni dan juga ada penginapan buat yang mau stay disini.  


Klo lapar n haus jangan khawatir, dari pisang goreng, ikan bakar dan kelapa muda tersedia disini.  Harga memang agak premium ya... kelapa muda aja dibanderol 20ribu... sama ya kayak di resto... hihi...   Sewa gazebo dihargai 50ribu... kalo kami... makan bekal aja di pinggir pantai sambil nikmatim birunya air laut.






Kami sempetin keliling pulau, main air dan nongkrong di dermaga.  Puas dan kulit gosong, kita balik yuk ke Makassar.


Asiknya island hopping di Makassar adalah jaraknya yang ga jauh dari pusat kota.  Tapi tetep aja kita bisa ketemu sama pantai berwarna biru tosca dan ikan-ikan berenang di depan kita.

0 comments :

Post a Comment