Saturday, April 9, 2016


Kalo Coto, Sop Konro, Pisang Ijo dan beberapa masakan khas Makassar sudah familiar buat bubu.. tapi nama Sop Saudara ini yang paling asing di telinga Bubu.  Bubu baru denger pas sudah di Makassar.  Salah satu temen Bubu yang tau Bubu sedang ada di Makassar, wanti-wanti, jangan lupa coba Sop Saudara.  Wah bikin tambah ngiler aja.

Perjalanan dari Rammang-rammang menuju Bandara, kami yang kelaparan, mendapat rekomendasi dari Sopir pete-pete dan salah satu penumpang untuk nyoba Sop Saudara Cabang Andalas 65 yang ada di jalan lintas, ga jauh dari simpang Bandara.  Pak sopir langsung menurunkan kami di lokasi, dan kami tinggal menyeberang aja ke rumah makan Sop Saudara yang dituju.



Kami pesan 2 mangkok sop saudara dan ikan bolu bakar buat Nam.  Salah satu masakan yang tastenya beda lagi dari coto dan sop konro.  Walopun sama-sama menggunakan bumbu kluwek, sop saudara lebih berasa merica dan ketumbarnya.  Isi dari Sop Saudara pun bisa dibilang melimpah.  Daging dengan potongan besar, bihun, dan perkedel kentang.  



Sepanjang pengamatan Bubu, hampir semua warung Sop Saudara menyediakan juga ikan bolu a.k.a bandeng bakar.  Hampir semua pengunjung rumah makan ini pun memesan yang sama, sop saudara dan ikan bolu plus sambalnya.  Bubu sendiri agak bingung, darimana nyambungnya sop dimakan dengan ikan.  Tapi ga ada salahnya donk dicoba.  



Kuah sop yang kaya rempah ini segar dan lezat.  Sedangkan ikan bolu dengan potongan besar-besar dibakar gitu aja tanpa bumbu.  Beda dengan makan ikan di Jakarta, opini pribadi ya, ikan disini terasa lebih segar.  Walopun tanpa bumbu tetep aja gurih, apalagi dicocol dengan sambelnya.  Yummy.  Bubu coba makan ikan dengan sop saudara, walopun rada ga nyambung, tapi enak juga kok..hehe.  Hanya porsi sop saudara yang jumbo dan juga potongan ikan yang juga jumbo ditambah sepiring nasi, siap-siap ya menggembul sehabis makan ini.





Highlight penting banget di Makassar adalah kulinernya.  Kosongkan perut dan siap manjakan lidah dengan makanan khas Makassar.  Timbangan.. oh.. timbangan.. ngumpet dulu ya.. kami ga sanggup menyapamu dulu.. hehe

#Wonderful Indonesia


0 comments :

Post a Comment